Kamis, 06 Oktober 2011

PELUANG PASAR


Dalam merencanakan pengelolaan suatu usaha harus dilakukan langkah awal terlebih dahulu, yaitu menganalisis PELUANG PASAR . Yang dicari tahu dalam menganalisis peluang pasar adalah Mengetahui minat masyarakat sekitar serta mengetahui daya beli konsumen, Setelah mengetahui hal tersebut kita berlanjut kepemikiran untuk jenis produk atau jasa apa yang ingin dilakukan, dan jenisnya apa. Menganalisis PELUANG PASAR dilakukan dengan cara mencari dan mengumpulkan informasi, melakukan penelitian yang berhubungan dengan pasar, konsumen dan hal-hal yang berkaitan.
Menganalisis PELUANG PASAR  akan sangat membantu dalam perencanaan usaha yang akan kita buat karena kita kan mengetahui daya serap konsumen terhadap produk atau jasa yang akan ditawarkan. Dengan demikian kita dapat memperhitungkan atau mendapat gambaran tentang keuntungan atau kerugian yang akan kita peroleh.
CONTOH :
·         Jenis                      :              Perusahaan dagang & jasa
Bentuk Usaha    :               Toko Alat Tulis, Toko Fotokopi, Warnet
Segmen Pasar   :               Mahasiswa Kampus Wilayah Depok
Deskripsi :
Di lingkungan depok banyak terdapat Universitas, Misalnya Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, BSI, Dll. Di lingkungan yang seperti itu tentu akan menguntungkan jika membuka usaha Fotokopi, Toko Alat tulis dan Warnet di sekitar  wilayah Depok. Karena tentunya para Mahasiswa kampus-kampus tersebut dalam berkegiatan tidak dapat lepas dengan mem-Copy berkas mata kuliah, ngeprint tugas, mencari tugas via internet di Warnet, memakai alat-alat tulis seperti pensil, pulpen, pengahapus, Dll. Sehingga membuka usaha seperti itu jelas prospek yang bagus di Wilayah Depok. Tetapi pasti akan banyak wiraswastawan lain yang akan atau sudah membuka usaha-usaha itu, maka kita juga harus memikirkan strategi agar usaha yang kita buat dapat bersaing dan tentunya maju, Yaitu dengan cara bersaing harga. Harga yang murah akan lebih diminati para konsumen yang menunjuk para Mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar