Kamis, 20 Oktober 2011

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) DALAM INDUSTRI KECIL


Saya telah melakukan observasi dengan melakukan wawancara terhadap pemilik suatu industri kecil yang bergerak dalam bisnis makanan. Yaitu Rumah makan yang berada di Wilayah depok, Margonda, Lebih tepatnya di Jalan Kapuk. Rumah makan ini bernama "SEDAP MALAM". Rumah Makan ini memiliki 4 pekerja (Tenaga Kerja), 2 orang sebagai juru masak dan 2 orang lagi sebagai pelayan. Tenaga kerja ini didapat dengan merekrut dari orang-orang sekitar, yaitu dari anggota keluarga. Perekrutan tenaga kerja yang dari Kerabat keluarga ini dikarenakan Usaha ini merupakan usaha kecil. Untuk menjadi pekerja (tenaga kerja) di Rumah Makan ini tidak ada syarat khusus atau syarat tertentu, Untuk bekerja hanya di nilai dari niat bekerja, ketekunan, kerajinan dan kejujuran saja. Tidak seperti pada Industri-industri besar atau Perusahaan Formal yang memiliki syarat dan batas kriteria tinggi untuk menerima karyawannya,  Tidak perlu memiliki ijazah sarjana (pendidikan tinggi) dan pengalaman bekerja sebelumnya. Tetapi walaupun usaha ini termasuk dalam usaha keluarga tetapi para pekerja tidak dapat berbuat sesuka hatinya dalam bekerja, harus tetap patuh terhadap peraturan2 yang dibuat, Walaupun bukan peraturan tertulis. Seperti Membuka Warung tepat waktu, Melayani pelanggan dengan baik dll. Kalau etika-etika sederhana seperti itu tidak dilakukan maka Karyawan tersebut dapat diberi Teguran atau sangsi. Dan sebaliknya apabila pekerja (tenaga kerja) tersebut bekerja dengan baik maka akan diberi rewards, seperti hari libur atau upah yang lebih tinggi disbanding yang lain. Mengapa demikian? Karena Tenaga kerja sangat berpengaruh juga terhadap kelangsungan usaha itu sukses atau tidak, semakin baik pekerjaan yang dilakukan maka peluang usaha tersebut maju atau sukses akan semakin besar dan sebaliknya. Karena para tenaga kerja tersebut yang tiap hari berinteraksi langsung dengan para pelanggan. Meskipun Bisnis ini termasuk usaha keluarga tetap ada Gaji atau upah yang diberi ke para Tenaga Kerja, tetapi Gaji atau upah yang diberikan tidak seperti Pembayaran gaji pada Industri atau perusahaan Formal. Pemberian gaji pada usaha ini lebih mengarah pada pembagian hasil
usaha. Jadi setiap harinya omzet penjualan (pendapatan) dihitung dan diakumulasikan setiap akhir bulan. Setelah dihitung diakhiri Pengeluaran untuk membeli keperluan dagang dan hasil laba bersih tersebut dibagi 4. Usaha ini termasuk usaha kecil yang maju karena memiliki tempat (lokasi) usaha yang strategis karena berada di lingkungan Kampus yang Tempat bermukim para Mahasiswa tinggal (Kost), jadi Rumah makan ini Sangat ramai akan pembeli dikalangan itu. Selain faktor lokasi yang strategis, Faktor lain majunya usaha ini adalah range harga makanan yang sangat terjangkau bagi mahasiswa, Yaitu 9000-14000 untuk makanan dan 500-3500 untuk minuman. Menu yang ditawarkan pun cukup familiar dan disukai untuk kalangan Mahasiswa, Yaitu nasi goreng dengan berbagai campuran seperti Ayam, sosis, seafood dll. Ayam pecel juga tersedia. Hal-hal ini lah yang menjadi faktor usaha kecil ini sangat maju di wilayah Jalan Kapuk, Margonda.
Jadi kesimpulannya, Fungsi-fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Seperti Segmentasi (Sasaran) Pasar, Perekrutan Tenaga Kerja, Penentuan Gaji karyawan, Sangsi dan Reward untuk pengembangan karyawan Dll sangatlah penting dan perlu dalam membangun sebuah usaha. Walaupun bukan usaha Industri besar ataupun perusahaan formal. industri atau usaha kecil pun tetap membutuhkan fungsi-fungsi MSDM dalam penerapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar