Minggu, 23 Oktober 2011

Pancasila adalah ideologi yang terbuka


  1. Pancasila adalah ideologi yang terbuka. Apakah arti kata keterbukaan ideologi pancasila itu, apa faktor-faktor yang mendorong keterbukaannya, dan apakah tidak mengandung bahaya bagi kelestariannya, serta apa batas-batas keterbukaan ideologi pancasila?
Jawab:

Sebelum kita bahas tentang ideologi terbuka terlebih dahulu kita ketahui apa itu ideologi. Ideologi adalah kumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan yang menyeluruh serta sistematis yang menyangkut dan mengatur tingkah laku sekelompok manusia tertentu dalam berbagai bidang kehidupan politik, pertahanan, kemanan, sosial, kebudayaan, dan keagamaan.
Dan maksud dari keterbukaan dalam ideologi pancasila adalah pancasila memiliki ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan, dan dapat menerima pendapat-pendapat dari luar (segala pihak) tanpa mengubah nilai dasarnya atau mengganti nilai-nilai yang sudah ada dan mengurangi nilai-nilai pandangan bangsa dan falsafah. Nilai tersebut tidak dapat diganti karna nilai itu adalah identitas/jati diri bangsa Indonesia. Ideologi yang terbuka ini lebih baik karena dengan sifat yang terbuka, luwes dan fleksibel, tidak tertutup dan kaku maka bangsa Indonesia dapat belajar dan berkembang sesuai dengan perkembangan era globalisasi yang terus berjalan (perkembangan nasional, regional dan global), dengan demikian Indonesia akan maju, memperbaiki kekurangan dengan mengikuti perkembangan zaman tersebut. Dengan pola pikir yang dinamis dan konseptual dalam dunia modern maka munculah 3 dimensi, yaitu Dimensi Realitas, Dimensi Idealisme dan Dimensi Fleksibilitas. Selain itu terdapat juga dimensi- dimensi idealitas, normatif dan realitas.
Digunakannya ideologi terbuka ini tidak akan membahayakan karena dengan keterbukaannya akan mambangun serta menjadikan Indonesia lebih maju, karena setiap adanya perkembangan di luar selalu diperhatikan, walaupun tidak selalu diikuti. Karena keterbukaan yang dimaksud adalah tetap sadar akan perkembangan zaman tetapi tidak meninggalkan nilai-nilai yang sudah ada sebelumnya dan tetap pada jati diri bangsa Indonesia. Dan apabila sudah terjadi penyimpangan, sudah tidak sejalan dengan kaidah, etika pancasila maka harus diluruskan dan dibenarkan.









·         Faktor-faktor yang mendorong pancasila ideologi terbuka

-      Proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat (perkembangan zaman).
-      Karena penggunanaan ideologi tertutup tidak baik, karena menutup diri dari perkembangan-perkembangan yang ada di luar sehingga tidak dapat mengikuti perkembangan dan berkembang maju yang dapat menimbulkan kegagalan.
-      Pengalaman politik di masa lampau sehingga dapat menjadi pembelajaran.
-      Tekad untuk memperkokoh kesadaran akan nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan nasional.

·         Batas-batas keterbukaan ideologi pancasila

-      Larangan terhadap ajaran marxisme, leninisme dan komunisme, Karena ideologi-ideologi tersebut sangat bertentangan dengan nilai pancasila.
-      Menghindari dan mencegah berkembangnya paham liberal.
-      Penciptaan norma yang baru harus melalui konsensus.
-      Larangan terhadap pandangan ekstrim yang mengelisahkan kehidupan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar