Minggu, 23 Oktober 2011

Pancasila 'sakti'


1.      Pancasila pada hakekatnya adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar Negara. Mengapa pancasila dianggap sakti hingga harus dilestarikan?
Jawab:
Pancasila sebagai pandangan hidup itu maksudnya adalah pancasila digunakan sebagai petunjuk kehidupan sehari-hari dalam melakukan semua aktivitas dan kegiatan-kegiatan dalam segala bidang dan pancasila juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari tersebut, arti dari petunjuk disini adalah semua tindakan dan tingkah laku yang kita lakukan merupakan cermin atau pancaran dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, yaitu jiwa keagamaan, jiwa berperikemanusiaan, jiwa kebangsaan, jiwa kerakyatan, dan jiwa yang menjunjung tinggi keadilan sosial.
Sedangkan pancasila sebagai dasar Negara (Falsafah Negara) itu maksudnya adalah pancasila dipakai untuk mengatur pemerintahan dan penyelenggaraan Negara. Jadi pancasila berfungsi sebagai dasar Negara yang pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum/tata tertib Negara. Dapat juga dikatakan sebagai pengatur kehidupan kemasyarakatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Jadi kesimpulan dari uraian diatas adalah pancasila dianggap Sakti dan harus dilestarikan karena memang keberadaan pancasila itu penting dalam kehidupan warga Negara Indonesia. Karena pancasila merupakan jiwa bangsa, kepribadian bangsa, dasar Negara dan bahkan pandangan hidup yang memang harus dimiliki tiap bangsa. Bayangkan saja jika suatu bangunan tidak memiliki acuan, landasan atau pondasi sebagai dasarnya maka tidak akan berdiri dengan kokoh, jadi dengan adanya pancasila sebagai pandangan dan dasar Negara maka dapat membangun Indonesia pastinya. Selain alasan diatas, pancasila dianggap sakti karena nilai-nilai yang terkandung didalamnya adalah benar dan dapat mempersatukan bangsa kalau warga negaranya memang menjalani, mengamalkan nilai-nilainya didalamnya dengan benar, dan otomatis akan dapat mencapai tujuan dan cita-cita bangsa, yaitu mencapai persatuan, kemakmuran serta kesejahteraan rakyat Indonesia. Serta merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar