Minggu, 07 Oktober 2012

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN



Keberhasilan sebuah iklan tidak terlepas dari pesan bintang iklan dalammempromosikan sebuah merek produk, terutama bila iklan tersebut ditayangkanmelalui media televisi. Penggunaan bintang iklan dalam sebuah iklan di televisimerupakan alternatif strategi yang tepat untuk memperkenalkan produk kepadakonsumen.Selebriti yaitu pribadi (bintang film, penghibur, atau atlet) yang dikenaloleh masyarakat karena kemampuannya dalam bidang tertentu yang dapat mendukung produk yang diiklankan. Selebriti dapat digunakan sebagai alat yang cepat untuk mewakili segmen pasar yang dibidik.

Endorser sering juga disebut sebagai direct source (sumber langsung) yaitu seorang pembicara yang mengantarkan sebuah pesan dan ataumemperagakan sebuah produk atau jasa. Endorser juga diartikan sebagai orang yang dipilih mewakili imej sebuah produk (product image). Menurut Hardiman dalam Heruwati biasanya dari kalangan tokoh masyarakat memiliki karakter menonjol dan daya tarik yang kuat. Maka keahlian yang dimiliki selebriti dengan merek produk yang diiklankan haruslah relevan

·         Faktor-faktor yang harus dimiliki oleh selebriti dalam menarik minat beli konsumen yaitu daya tarik (attractiveness),dapat dipercaya (trustworhiness), dan keahlian (expertise).

a.    Attractiveness

Daya tarik meliputi keramahan, menyenangkan, fisik, dan pekerjaansebagai beberapa dimensi penting dari konsep daya tarik. Ada dua halpenting dalam penggunaan selebriti jika dihubungkan dengan daya tarik,pertama adalah tingkat disukai penonton (likeability) dan yang keduaadalah tingkat kesamaan dengan kepribadian yang diinginkan oleh pengguna produk (similarity), dimana keduanya tidak dapat dipisahkandan harus saling berdampingan.

b.    Trustworthiness

kepercayaan mengacu pada kejujuran, integritas dandapat dipercayainya seorang pendukung. Seringkali seorang pendukungtertentu dianggap dapat sangat dipercaya padahal bukan orang yang ahlidibidangnya. Keadaan dipercayanya seorang pendukung tergantung padapersepsi khalayak akan motivasi dukungannya. Para pemasang iklanmemanfaatkan nilai kepercayaan dengan memilih para pendukung yangsecara luas dipandang jujur, dapat dipercaya, dan dapat diandalkan 

c.    Expertise

Keahlian mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau ketrampilan yangdimiliki seorang pendukung yang berhubungan dengan topik iklannya.

Contoh :

      Iklan yang paling menonjol peranan selebriti dalam mengiklankan suatu produk adalah salah satunya iklan shampoo, biasanya perusahaan memakai selebriti yang memang terlihat menarik untuk mengiklankan atau mempromosikan produk shampoo nya, dan yang bisa menyakinkan konsumen atau pentonton televisi agar memutuskan untuk membeli produk tersebut. Sebagai contoh, jika bintang iklan yang mempromosikan memiliki rambut yang indah pasti para konsumen akan mempercayai atau setidaknya memiliki persepsi yang baik tentang iklan tersebut. Kemungkinan akan mencoba produk yang diiklankan, karena sang artis memiliki sisi Trustworthiness. Kesimpulannya adalah selebriti memiliki peranan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian suatu produk, besar maupun kecil pengaruhnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar