Keberhasilan
sebuah iklan tidak terlepas dari pesan bintang iklan dalammempromosikan sebuah merek produk, terutama bila
iklan tersebut ditayangkanmelalui media
televisi. Penggunaan bintang iklan dalam sebuah iklan di televisimerupakan alternatif strategi yang tepat untuk
memperkenalkan produk kepadakonsumen.Selebriti
yaitu pribadi (bintang film, penghibur, atau atlet) yang dikenaloleh masyarakat karena kemampuannya dalam bidang
tertentu yang dapat mendukung produk yang diiklankan. Selebriti dapat digunakan sebagai alat yang cepat untuk mewakili segmen pasar yang dibidik.
Endorser sering
juga disebut sebagai direct source (sumber langsung) yaitu seorang pembicara yang mengantarkan sebuah pesan dan ataumemperagakan sebuah produk
atau jasa. Endorser juga diartikan sebagai
orang yang dipilih mewakili imej sebuah produk (product image). Menurut Hardiman
dalam Heruwati biasanya dari kalangan tokoh
masyarakat memiliki karakter menonjol dan daya tarik yang kuat. Maka keahlian yang dimiliki selebriti dengan merek produk yang diiklankan
haruslah relevan
·
Faktor-faktor yang harus dimiliki oleh selebriti dalam menarik minat
beli konsumen yaitu daya tarik (attractiveness),dapat dipercaya (trustworhiness),
dan keahlian (expertise).
a.
Attractiveness
Daya tarik meliputi keramahan,
menyenangkan, fisik, dan pekerjaansebagai beberapa dimensi penting dari konsep
daya tarik. Ada dua halpenting dalam penggunaan selebriti jika dihubungkan
dengan daya tarik,pertama adalah tingkat disukai penonton (likeability) dan yang keduaadalah tingkat kesamaan dengan kepribadian yang diinginkan oleh pengguna produk (similarity),
dimana keduanya tidak dapat dipisahkandan harus saling berdampingan.
b.
Trustworthiness
kepercayaan mengacu pada
kejujuran, integritas dandapat dipercayainya seorang pendukung. Seringkali
seorang pendukungtertentu dianggap dapat sangat dipercaya padahal bukan orang
yang ahlidibidangnya. Keadaan dipercayanya seorang pendukung tergantung
padapersepsi khalayak akan motivasi dukungannya. Para pemasang
iklanmemanfaatkan nilai kepercayaan dengan memilih para pendukung yangsecara
luas dipandang jujur, dapat dipercaya, dan dapat diandalkan
c.
Expertise
Keahlian mengacu pada
pengetahuan, pengalaman, atau ketrampilan yangdimiliki seorang pendukung yang
berhubungan dengan topik iklannya.
Contoh :
Iklan yang
paling menonjol peranan selebriti dalam mengiklankan suatu produk adalah salah
satunya iklan shampoo, biasanya perusahaan memakai selebriti yang memang
terlihat menarik untuk mengiklankan atau mempromosikan produk shampoo nya, dan
yang bisa menyakinkan konsumen atau pentonton televisi agar memutuskan untuk
membeli produk tersebut. Sebagai contoh, jika bintang iklan yang mempromosikan
memiliki rambut yang indah pasti para konsumen akan mempercayai atau setidaknya
memiliki persepsi yang baik tentang iklan tersebut. Kemungkinan akan mencoba
produk yang diiklankan, karena sang artis memiliki sisi Trustworthiness. Kesimpulannya adalah selebriti memiliki peranan yang
berpengaruh terhadap keputusan pembelian suatu produk, besar maupun kecil
pengaruhnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar