Minggu, 08 Januari 2012

LINGKUNGAN BISNIS

Berbisnis merupakan suatu usaha yang membutuhkan beberapa kemampuan yang tidak semua orang mempunyainya, misalnya  kesungguhan dalam berbisnis; seseorang tidak akan maju dalam membuka usaha jika seorang tersebut memiliki niat yang setengah-setengah karena suatu usaha dapat maju membutuhkan waktu yang panjang dan tidak instan, kalau orang tersebut hanya berniat setengah-setengah maka akan merasa jenuh dengan usaha yang dijalankan yang pastinya dengan mengharapkan kemajuan bisnis yang singkat  (instan). kedua, dan ini merupakan faktor yang sangat penting dan memang harus dimiliki seorang pebisnis, kepekaan terhadap peluang pasar ; bagaimana seorang pebisnis ini mampu membaca peluang pasar apa yang sedang disukai masyarakat, dengan adanya kemampuan membaca dan meramalkan peluang pasar dalam masyarakat ini masa seorang pengusaha dapat memprediksi produk apa yang akan laris di masyarakat.

dari postingan saya sebelumnya tentang “membaca peluang pasar” ditulisan itu saya menjelaskan tentang membuka usaha ‘toko pulsa’ . akan saya ulas sedikit tentang alasan mengapa saya membaca peluang pasar yang baik dari usaha ini. Saat ini 95% manusia di dunia sudah mengenal yang dinamakan Handphone atau telepon genggam, sudah sebagian besar orang merasa bahwa telepon genggam ini sangat penting kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu maka peluang membuka toko pulsa saya katakana sangat baik. Karena penggunaan telepon genggam tidak dapat dipisahkan dengan penggunaan pulsa itu sendiri. Sebuah telepon genggam hanya dapat dipakai jika memiliki pulsa. Jadi, Apakah masyarakat dapat menolak untuk membeli pulsa?”  tentu saja jawabannya TIDAK.


Tetapi memang tidak mudah dalam menjalankan usaha ini, karena sudah banyak orang yang dapat membaca peluang pasar ini sehingga toko pulsa banyak tersebar dimana-mana. Inilah yang dikatakan ‘kompetitor” .  Dalam membuka suatu usaha memang tidak dapat terhindarkan dari kompetitor. Menurut saya, kompetitor dapat  dibedakan menjadi 2, yaitu competitor yang memiliki usaha yang sama dengan usaha kita dan kompetitor yang membuka usaha dengan kiblat jenis produk yang kita jalankan tetapi dengan perbedaan-perbedaan atau dibuat sedemikian sehingga tampak berbeda dengan inovasi yang dibuat. Tetapi dalam hal usaha penjualan pulsa ini menurut saya competitor yang ada hanyalah yang juga menjual produk yang sama, yaitu hanya pulsa. Karena pulsa bukanlah produk seperti pakaian yang bisa dibuat inovasi-inovasi.  Oleh karena itu dengan menyadari adanya kompetitor tersebut kita harus sadar dengan adanya persaingan. Dan untuk tetap bisa eksis dalam pasar kita harus ‘membedakan´ usaha kita dengan usaha para kompetitor.  Jika saya yang berada dalam posisi pebisnis pulsa maka yang akan saya lakukan adalah menjual pulsa dengan harga yang tidak terlalu tinggi, sehingga para konsumen akan tetap membeli di toko saya, menjual pulsa dengan operator yang lengkap sehingga apapun operator yang ingin dibeli oleh konsumen selalu akan tersedia di toko saya, menjual pulsa dengan berbagai nominal; dari nominal terendah sampai nominal tertinggi. Karena biasanya tidak semua penjual pulsa menyediakan nominal pulsa yang diinginkan konsumen. dan untuk memajukan usaha yang saya jalankan, saya akan menjalankan bisnis ini dengan cara seperti MLM, karena penjualan pulsa seperti ini juga sudah banyak dijalankan. Toko sebagai pusat penjualan dan beberapa orang menjual pulsa sebagai cabang-cabangnya, hal ini biasanya dilakukan oleh para mahasiswa yang menjual pulsanya di kampus, sehingga setiap saldo yang di para downline habis maka mereka harus mengisi saldo lagi di toko milik saya. Dan itu peminatnya sangat banyak. 

Dengan hal-hal itu maka saya yakin usaha yag saya jalankan akan maju dan tetap tidak kalah saing dengan para kompetitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar