Sabtu, 18 Desember 2010

Perubahan kebudayaan



Perubahan dirasakan oleh hampir semua manusia dalam masyarakat. Perubahan merupakan hal yang wajar. Perubahan dapat terasa apabila kita membandikan keadaan pada waktu lampau dengan keadaan sekarang. Perubahan dapat terjadi di berbagai aspek kehidupan. Kebudayaan mengalami perkembangan(dinamis) sesuai dengan perkembangan manusia itu sendiri, oleh sebab itu tidak ada kebudayaan yang bersifat statis, dengan demikian kebudayaan akan mengalami perubahan.perubahan kebudayaan mencakup semua bagian, contohnya kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, adat-istiadat, hukum daln lain-lain. Sehingga perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi akibat adanya ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan(alam, fisik, sosial, budaya) yang saling berbeda sehingga terjadi keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan. Kebudayaan dapat dilihat dari modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia secara internal atau eksternal, contohnya sikap dan berperilaku seseorang atau kelompok dimasyarakat. Dan perubahan kebudayaan bertitik tolak dan timbul dari organisasi sosial.

Budaya yang berkembang saat ini sudah banyak berubah. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari luar maupun dari dalam, perubahan itu terjadi karena dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan, karena manusia itu memilki sifat bosan.


Dan ditengah maraknya arus globalisasi yang masuk, melalui cara-cara tertentu membuat dampak positif dan negatifnya timbul, terutama dalam bidang kebudayaan. Dan dengan masuknya kebudayaan-kebudayaan lain itu sehingga dapat menimbulak perubahan kebudayaan,  dengan kata lain penyebab timbulnya perubahan kebudayaan adalah adanya opercamouran budaya atau akulturasi budaya dari dua tempat atau lebih yang memiliki kebudayaan yang khas lalu melebur dan menciptakan budaya yang baru, atau bahkan disebabkan karena kemajuan teknologi yang pesat yang memaksa orang untuk merubah perilaku, kebiasaan atau kebudayaannya agar menyeimbangkan dengan kemajuan teknologi selain itu penyebab lainnya adalah perubahan lingkungan alam, karena adanya kontak dengan kelompok lain dank arena adanya penemuan baru(discovery)

1 komentar: