Sabtu, 18 Desember 2010

KASIH TERHADAP ORANG TUA


Kasih merupakan perasaan yg pasti dimiliki semua orang. Kasih dapat diartikan pula kedalam kasih sayang atau cinta kasih terhadap sesama manusia, terhadap allah subhana wata ala terhadap lingkungan sekitar ataupun kasih sayang atau cinta mati terhadap harta benda. Kasih merupakan suatu perasaan yang tulus dan ikhlas yang kita persembahkan untuk orang atau sesuatu yang kita cintai atau sukai. Dan kasih adalah memberikan yang terbaik untuk orang yang kita sayangi tanpa mengharapkan imbalan. Dengan memberikan kasih sayang atau cinta kasih pasti hidup seseorang akan bahagia dan merasa sejahtera. 


Dan sebagai seorang anak kita wajib  berbakti dan memberikan kasih sayang serta cinta kasih kita terhadap orang tua, karena orang tua adalah orang yang paling dekat kekerabatan nya dengan kita. Allah menghubungkan beribadah kepadaNya dengan berbuat baik kepada orang tua menunjukan betapa mulia nya kedudukan orang tua dan birrulwalidayin (berbuat baik kepada kedua orang tua) disisi allah subhana wata ala. Selain itu,secara naluri orang tua dengan sukarela mau mengorbankan sesuatu untuk memelihara dan membesarkan anak anak nya dan anak nya mendapatkan kenikmatan serta poerlindungan sempurna dari kedua orang tuanya. Seorang anak selalu merepotkan dan menyita perhatian kedua orang tuanya, dan tatkala menginjak hari tua merekapun tetap berbahagia dengan anakanaknya, akan tetapi betapa cepat seorang anak melalaikan semua jasa jasa orangtua nya. Seorang anak harus diingatkan dan digugah perasaan nya atas kewajiban mereka terhadap orangtuanya yang sepanjang umurnya dengan berbagai kesulitan dihabiskan untuk mereka serta mengorbankan seagala yang ada demi kesenangan dan kebahagiaan mereka hingga datang masa lelah dan letih yang sebenarnya tidak akan pernah ada.
Maka berbuat baik pada orang tua menjadi keputusan yang mutklak dari allah dan ibadah yang menempati urutan kedua setelah beribadah kepada allah, seorang anak diwajibkan memberi kasih sayang serta cinta kasih kepada kedua orang tuanya sebagai balasan atas semua cinta kasih yang telah diberikan orang tuanya yang sebenernya tidak mengharapkan imbalan apapun karena ketulusan. Seperti firman allah “dan ucapkan lah kepada mereka perkataan yang mulia.” Dan “rendahkanklah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar