Kamis, 06 Juni 2013

PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU ESIA


Latar Belakang

 

Perkembangan Code Division Multiple Access (CDMA) di tanah air mulai dikenal masyarakat luas sejak tahun 2003. Saat ini terdapat beberapa perusahaan operator seluler di Indonesia yang menggunakan teknologi CDMA, yaitu PT.Telkom (Flexi), PT. Mobile-8 Telecom (Fren), PT. Indosat (StarOne) dan PT. Bakrie Telecom (Esia).

Esia merupakan salah satu produk CDMA yang dikeluarkan oleh PT. Bakrie Telecom, Tbk. Di dalam industri persaingan telekomunikasi yang ketat saat ini, Esia mampu mencapai tingkat pertumbuhan pelanggan yang tinggi setiap tahunnya. Tingkat pertumbuhan pelanggan Esia dari tahun 2009 hingga akhir 2010 mengalami peningkatan sekitar 22,8%.

Namun, perusahaan-perusahaan CDMA seperti ESIA masih perlu melakukan upaya untuk meningkatkan jumlah pelanggan untuk dapat bersaing dalam pasar yang kompetitif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dalam menempatkan posisi produknya yaitu terletak pada kemampuan mereka untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan mengenai apa yang ditawarkannya. Dengan melakukan positioning pada produknya perusahaan dapat menarik minat pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian.

            Dengan adanya strategi positioning, penulis tertarik untuk mengangkat topik tersebut sebagai dasar penulisan ilmiah yang berjudul “PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU ESIA

 

Rumusan dan Batasan Masalah

1.    Rumusan Masalah

Bagaimana pengaruh strategi positioning yang terdiri dari atribut produk, harga dan kualitas, penggunaan produk, dan manfaat produk terhadap keputusan pembelian kartu ESIA pada mahasiswa Universitas Gunadarma ?

2.                  Batasan Masalah

Penulisan ini hanya terbatas pada tanggapan konsumen atas keputusan pembelian Kartu ESIA terhadap atribut produk, harga dan kualitas, penggunaan produk dan manfaat produk, melalui penyebaran kuisioner pada mahasiswa Universitas Gunadarma.

 

Tujuan Penelitian

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui :

Pengaruh Strategi Positioning produk yang terdiri dari Atribut Produk (X1), Harga dan Kualitas (X2), Penggunaan Produk (X3), Manfaat Produk (X4)  secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada kartu ESIA.

 

Manfaat Penelitian

a.         Bagi Penulis

Penelitian ini dapat memperluas pengetahuan dan pengertian mengenai strategi positioning, khususnya pada atribut produk, harga dan kualitas, penggunaan produk dan manfaat produk dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian.

b.         Bagi Perusahaan

Penelitian ini dapat memberikan gambaran dan mengukur pengaruh strategi positioning khususnya pada atribut produk, harga dan kualitas, penggunaan produk dan manfaat produk terhadap keputusan pembelian dengan strategi pemasaran yang tepat  untuk diterapkan.

 

 

c.         Bagi Universitas

Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi penelitian-penelitian selanjutnya dan memperkaya ilmu pengetahuan akademis yang bersumber dari  penelitian ilmiah.

 

Metodologi Penelitian

Metodologi yang digunakan penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah :

1.    Objek Penelitian

Objek penelitian ini adalah PT. Bakrie Telecom, Tbk yang berlokasi di Jl. HR. Rasuna Said Kav. B-1 Setiabudi Kuningan Jakarta Selatan 12920, Indonesia dengan alamat website http://www.bakrietelecom.com/.

 

2.      Data/Variabel

a.      Data Primer

Merupakan data yang diperoleh langsung dari para konsumen kartu ESIA. Data diambil berdasar faktor atribut produk, harga dan kualitas, penggunaan produk dan manfaat produk  yang mempengaruhi suatu keputusan pembelian. Data yang telah didapat, akan diolah menggunakan alat statistik yaitu SPSS 17.0.

b.       Data Sekunder

Merupakan data yang diperoleh dari penulisan sejenis yang ditulis sebelumnya.

 

 Metode Pengumpulan Data

1.      Studi Kepustakaan

Dalam studi kepustakaan, penulis melakukan pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penelitian ini melalui referensi yang terdapat pada diktat, literatur ilmiah dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini.

2.  Studi Lapangan

- Kuesioner

Penulis membagikan kuesioner yang berkaitan dengan penelitian ini kepada 50 Responden.

- Wawancara

Yaitu metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung, mendalam, tidak terstruktur dan individual. Dalam penelitian ini.

 

Hipotesis

Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

·      Uji Secara Parsial :

Ho : Atribut produk, harga dan kualitas produk, penggunaan produk, dan manfaat produk  berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian kartu ESIA

Ha : Atribut produk, harga dan kualitas produk, penggunaan produk, dan manfaat produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian kartu ESIA

·      Uji Secara Simultan

Ho : Ke empat variabel secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu ESIA

Ha : Ke empat variabel secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu ESIA

 

                                                                 i.          Alat Analisis

1.    Uji Reabilitas dan Validitas

Untuk mengetahui tingkat kevalidan dan reabilitas pertanyaan pada kuisioner dengan menggunakan skala Likert.

 

2.        Uji Regresi Berganda

Sesuai dengan uraian yang dijelaskan diatas, uji regresi digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel terikat dengan variabel bebas serta sejauh mana variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat.

Dalam penelitian ini yang menjadi variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian sedangkan yang menjadi variabel bebas adalah atribut produk (X1) harga dan kualitas (X2), penggunaan produk (X3), dan manfaat produk (X4).

 

 

                          

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar